Wellcome ^_^

Le Monde...
Sweet things for your sweet baby....

Senin, 21 November 2011

Siasati Kebiasaan Mengemut Makanan Pada Anak



Hampir setiap ibu di pusingkan dengan kebiasaan anaknya mengemut makanan. Jika tidak segera di siasati, si kecil bisa kekurangan asupan gizi penting yang dibutuhkan pertumbuhannya.

Berbagai cara dilakukan orang tua untuk menstimulasi tumbuh kembang si kecil agar berjalan optimal. Salah satunya dengan pemberian makanan padat yang bernutrisi lengkap pada si kecil yang telah berusia 1 tahun ke atas, seperti karbohidrat, protein dan lemak, yang penting sebagai sumber energy dan zat pembangun tubuh serta vitamin dan mineral yang berfungsi sebagai zat pengatur .

Sayangnya pada usia dini ini si kecil sering kali memiliki kebiasaan makanan yang tidak baik seperti mengemut makanan. Kebiasaan ini kerap terjadi pada anak yang baru mengenal makanan padat. Penyebabnya bisa karena ia belum mengerti cara mengunyah yang benar , dalam masa transisi dari makanan cair ke makanan padat, atau karena terlalu asik bermain sehingga lupa pada makanan dalam mulutnya.

Kebiasaan mengemut makanan ini akan menyebabkan beberapa masalah kesehatan , seperti gigi akan mudah rusak yang kelak menyulitkan anak untuk mengunyah, resiko infeksi gigi dan gusi pada gigi yang rusak , dan kekurangan gizi penting yang di butuhkannya.


Mengatasi Kebiasaan Mengemut Makanan.

Ajari cara mengunyah yang benar .
Orang tua harus berperan aktiv dalam menyontohkan cara mengunyah yang benar secara bertahap, yaitu bagaimana membuka mulut dan menggerakkan rahang.

Variasikan menu.
Menu yang itu itu saja akan membuat anak bosan dan malas makan, bahkan mendorong anak menjadi Picky eater. Sajikan makanan yang berbeda setiap harinya. Atau, ganti nasi dengan roti, macaroni, atau mie. Sesekali, biarkan anak memilih makanan kesukaannya agar lebih bersemangat saat makan.

Hentikan Kebiasaan mengisap dot.
Kebiasaan ini dapat membuat anak menjadi terbiasa mengemut makanan. Kurangi pemberian dot dan terangkan dengan bahasa sederhana mengenai efek buruk mengemut.

Ciptakan waktu makan menyenangkan .
Hindari memberi makan anak sambil bermain atau menonton televisi , biasakan untuk makan bersama di meja makan dengan anggota lain. Jangan mencubit atau memukul anak jika ia mengemut makanan atau jika ia mengemut makanan berlama-lama makan.

Waktu makan jangan lebih dari 30 menit.
Waktu makan jangan berlama-lama karena makanan akan teroksidasi dan terkomtaminasi sehingga rasanya berubah . Selesaikan makan dalam 30 menit. Jangan paksa anak untuk menghabiskan makanannya karena dapat membuatnya trauma dan waktu makan menjadi momen yang menakutkan bagi anak. Lebih baik berikan makanan dalam porsi yang kecil namun sering (small frequent fending ) daripada porsi besar tapi dipaksakan habis hingga lebih dari 30 menit.

Makan dahulu sebelum main.
Sebaiknya jangan memberikan anak makan sambil bermain agar dia tidak lupa mengunyah akibat terlalu asyik bermain . Pisahkan waktu antara makan dan bermain.

Semoga bermanfaat ^_^
Jangan lupa share ke Mommy & Daddy lainnya agar ilmunya juga nambah
Have a great day

Tidak ada komentar:

Posting Komentar